Daftar Pilihan PTN dengan Jalur Prestasi di Indonesia – Sebagian besar calon mahasiswa fokus hanya pada ujian tertera SBMPTN yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Padahal, ada kesempatan masuk PTN jalan prestasi yang kerap terlewatkan atau terlupakan. Jalur ini ada di beberapa Perguruan Tinggi Negeri lho.

Seleksi masuk PTN melalui jalan prestasi ada yang berskala nasional, yaitu melalui SNMPTN. Tapi, ada juga seleksi jalan prestasi yang dikelola sendiri oleh kampus di mana calon mahasiswa yang dapat diterima adalah siswa berprestasi, baik akademik maupun non akademik selama di SMA. Yuk, intip beberapa PTN dengan jalan prestasinya.

Daftar Pilihan PTN dengan Jalur Prestasi di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) – 4 Jenis Jalur Prestasi

Pada th. 2021 ini, seleksi masuk PTN jalan prestasi yang di selenggarakan oleh UGM terdiri dari empat macam. Jalur prestasi yang pertama adalah Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK). Jalur seleksi ini di khususkan untuk putra putri tempat yang di usulkan oleh mitra UGM dengan di tandatangani MoU.

Salah satu syarat-syarat mutlak jalan PBUK ini adalah anda terhitung pada 25% siswa terbaik untuk para siswa kelas reguler atau 50% siswa terbaik untuk kelas akselerasi. Oleh karenanya, pada jalan ini penilaian dapat di dasarkan pada nilai rapor selama SMA/SMK/sederajat dengan pengecualian nilai semester akhir.

Jalur prestasi ke dua adalah Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM). Jalur ini di khususkan membuat anda yang secara akademik punyai nilai yang amat baik tetapi punyai kekurangan ekonomi. Lolos melalui jalan ini artinya anda dapat mendapat pembiayaan penuh selama 8 semester tetapi dapat selamanya di evaluasi tiap tiap bulannya.

Seleksi masuk PTN jalan prestasi seterusnya yang UGM sediakan adalah Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB). Seleksi ini bertujuan untuk anda yang punyai bukan hanya bisa berprestasi di kelas tetapi juga di luar kelas, layaknya di bidang olahraga, seni dan IPTEK di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Jalur prestasi paling akhir yang di sediakan oleh UGM adalah Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUSMAK) tertentu untuk Sarjana Terapan Sekolah Vokasi. Bedanya dari jalan prestasi di awalnya adalah anda mesti di usulkan oleh kepala sekolah. Dengan di buktikan melalui penandatangan formulir pendaftaran oleh kepala.

Baca Juga: Jurusan Terbaik di STAI Imam Syafi’i Cianjur

2. Institut Pertanian Bogor (IPB) – Jalur Seleksi PIN

IPB tidak sediakan banyak pilihan jalan seleksi prestasi sebab hanya ada satu jalan saja yang di sebut dengan Jalur Prestasi Internasional dan Nasional atau PIN. Untuk bisa ikuti seleksi ini, anda mesti bisa berprestasi secara akademik dan juga non akademik di bidang IPTEK, olahraga, tahfidz dan pramuka.

Sayangnya, anda dapat berkompetisi ketat kala ikuti seleksi PTN jalan prestasi di IPB sebab hanya punyai kuota 8-12 orang saja. Oleh karenanya, membuat anda yang saat ini baru masuk SMA, mesti telah giat studi dan menciptakan prestasi sejak awal sehingga kesempatan masuk ke IPB bisa lebih tinggi dari kandidat lainnya.

Untuk bisa ikuti seleksi PIN ini anda mesti membayar duit pendaftaran. Pada th. ini, calon mahasiswa di pungut cost sebesar 200 ribu rupiah baru bisa isi formulir secara online. Kamu dapat di minta mengunggah sertifikat dari aktivitas lomba yang dulu di ikuti, maksimal 5 buah, sebagai bukti prestasi non akademik.

Bagi anda yang aktif di aktivitas pramuka bisa gunakan penawaran ini dengan baik. Akan tetapi, prestasi dalam pramuka baru berlaku untuk calon mahasiswa yang berada di bawah naungan Kwarda Jawa Barat saja. Jadi, anda yang berada di tempat Jawa Barat mesti gunakan kesempatan ini dengan baik.

Pengajuan untuk ikuti seleksi PTN jalan prestasi di IPB ini telah di buka semenjak awal bulan Februari dan hasilnya dapat di umumkan sekitar bulan Mei. Oleh karenanya, jika anda mengincar jurusan di IPB mesti telah memantau website kampus ITB kala memasuki bulan Februari sehingga tidak ketinggalan informasi.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) – Jalur Seleksi PENMABA Prestasi

Terakhir, ada Universitas Negeri Jakarta yang menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru jalan prestasi mandiri melalui program PENMABA Prestasi. Sama halnya layaknya IPB, anda yang idamkan masuk melalui jalan ini mesti berprestasi secara akademik dan non akademik di bidang olahraga, musabaqah, soshum, seni dan sastra.

Biaya pendaftaran untuk jalan ini adalah sebesar 400 ratus ribu rupiah dan di bayarkan melalui transfer bank. Pendaftaran jalan ini biasanya merasa di buka pada bulan Maret dan berlangsung dalam saat satu bulan. Kamu yang sukses lolos di step seleksi mesti lakukan tes wawancara sekitar seminggu setelah pengumuman.